Rabu, 18 Juli 2012

Hilangkan Noda di Permukaan Setrika


Wajah boleh kusut, tetapi pakaian harus tetap rapi. Prinsip ini cocok bagi Anda yang moody (perasaannya sering berubah). Bayangkan, jika wajah kusut Anda ditambah pakaian yang kusut pula, apa kata orang nanti? Solusinya, segera licinkan pakaian dan rawat setrika dengan tepat.

Setrika memang tak butuh perawatan yang rumit. Namun, ada beberapa sepele yang patut Anda lakukan. Pertama, setelah setrika selesai digunakan, selalu lipat kabel setrika dengan rapi. Masalah yang sering muncul biasanya terdapat di kabel yang mudah mengelupas. Oleh sebab itu, hati-hati ketika merapikan setrika agar kabel tak rusak dan membahayakan Anda.

Kedua, saat selesai setrika, pastikan Anda meletakkannya di posisi yang benar. Hindari benda-benda yang terbuat dari plastik dekat dengan setrika Anda. Hati-hati juga jika kondisi setrika masih panas, benda tersebut bisa menempel pada lapisan teflonnya dan membuat kotor.

Ketiga, hindarilah sentuhan dengan benda-benda keras seperti kancing baju, resleting, atau aksesoris pakaian lainnya saat sedang menyetrika. Jika hal tersebut sering Anda lakukan, lama-kelamaan permukaan setrika akan tergores. 

Namun, bagaimana jika kotoran sudah terlanjur menempel di permukaan setrika? Tenang, beberapa tips mudah berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi. Anda bisa menggunakan kain lembut yang telah direndam air teh dingin untuk melicinkan kembali permukaan setrika.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan larutan boraks (2%), waterstof peroksida (3%), atau larutan kalium permanganat (2%) untuk menghilangkan noda hangus pada setrika. Namun, hati-hati menggunakan bahan kimia tersebut, terutama jika Anda belum berpengalama. Cara lain, gunakan ampelas halus dan gosokkan pada permukaan setrika saat keadaan dingin. Karat, gosong dan kotoran pun dijamin lenyap seketika.

Anda juga bisa menggunakan garam, cuka, air hangat dan backing soda untuk cara yang lebih alami. Campur dan larutkan garam, cuka, backing soda ke dalam air hangat. Celupkan kain bersih pada larutan tersebut dan lap permukaan setrika secara merata.

Selain itu, kotoran yang menempel bisa diatasi dengan cara mengatur setrika di suhu tertinggi, taburkan sedikit garam dan mulailah menggosokkan ke koran bekas. Hasilnya, kotoran pun akan lenyap seketika.


Baca Juga :
Rawat Pakaian Agar Lebih Awet
Kiat Tuntaskan Pekerjaan Rumah
Cegah Jamur Merajalela
Enam Jurus Merawat Karpet
Rumah yang Bersih, Nyaman dan Sehat




Artikel Menarik Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar