Minggu, 11 November 2012

Cegah Jamur Merajalela



Noda lembab dan bercak jamur pada dinding rumah tidak hanya mengganggu secara estetika, tetapi juga mengganggu kesehatan. Spora jamur yang berterbangan di udara dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui jalur pernafasan.

Hal ini dapat menyebabkan serangan penyakit bagi orang yang mengidap alergi dan gangguan saluran pernafasan lainnya seperti asma. Walaupun demikian, orang yang sehat pun tak luput dari serangan jamur. Hal ini tergantung pada ketahanan tubuh masing-masing. Serangan jamur yang kronis dapat menimbulkan infeksi paru juga gatal-gatal pada kulit.


Bagaimana caranya agar rumah terjaga dari serangan jamur? Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan :

1. Secara umum, spora jamur yang terdapat pada debu sangat suka hidup dan berkembang biak pada temperatur ruang yang hangat dan kondisi yang cukup lembab. Oleh karena itu, usahakan agar rumah terhindar dari lembab dengan membuat banyak ventilasi.

2. Jangan meletakkan perabot (khususnya yang terbuat dari kayu) menempel pada dinding, agar perabot mendapatkan sirkulasi udara yang cukup. Hal ini bertujuan mencegah terjadinya kelembapan pada perabot.

3. Jangan mengisi lemari terlalu penuh. Lemari yang terlalu padat berisi barang kurang mendapatkan sirkulasi udara yang baik sehingga akan menimbulkan kelembapan.

4. Bersihkan dan perbaiki segera bagian-bagian yang terkena serangan jamur agar serangan tidak menyebar ke tempat lain akibat spora jamur yang berterbangan. Untuk mencegah tumbuhnya jamur, segera keringkan bagian rumah atau perabot yang basah (misalnya karena kebocoran atau kebanjiran) dalam selang waktu 24-48 jam.

5. Kurangi kelembapan udara di dalam ruangan hingga mencapai kisaran 30-60 persen untuk mencegah tumbuhnya jamur, antara lain dengan cara memberi ventilasi pada kamar mandi, menggunakan dehumidifiers dan menggunakan exhaust fan.

6. Tidak menggunakan karpet adalah pilihan yang bijak bagi rumah-rumah yang berada pada daerah dengan tingkat kelembapan yang tinggi.


Baca juga :


Artikel Menarik Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar