Kamis, 13 September 2012

Enam Jurus Merawat Karpet


Selain mampu memberi kenyamanan, karpet menjadisebuah pilihan untuk mendongkrak desain interior sebuah ruangan. Jika ingin perubahan suasana ruangan, yuk kita coba bermain dengan motif dan warna karpet.

Menggunakan karpet itu menuntut perhatian ekstra. Lalai sedikit saja, karpet bisa menjadi tak sedap dipandang dan sumber penyakit. Oleh sebab itu, berikut ini adalah bebrapa kiat khusus untuk menjaga kebersihan karpet.

Pertama, bersihkan karpet secara rutin dengan vacuum cleaner minimal dua kali sehari. Kegiatan ini dapat mengantisipasi pengendapan debu di karpet sehingga tidak menjadi sumber penyakit.

Kedua, cuci karpet minimal satu tahun sekali. Jangan terlalu sering mencuci karpet karena corak dan motifnya dapat berubah warna. Namun, jangan pula tak mencucinya karena walaupun seudah dibersihkan dengan vacuum cleaner, karet tetap butuh dicuci dengan air. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cucilah karpet di tempat pencucian karpet.

Ketiga, jika ingin mencuci karpet sendiri di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, gunakanlah pembersih karpet agar tak terampau sulit saat membersihkan. kedua, semprotkanlah cairan pembersih seikit semi sedikit dan digosok satu arah.

Sebelum menggunakan pembersih karpet secara menyeluruh, sebaiknya bersihkan dulu sudut area karpet untuk memastikan bahwa pembersih tersebut tidak merusak warna pada karpet. Setelah mengering, bersihkan sisanya dengan vacuum cleaner.

Keempat, tempatkanlah karpet di ruangan yang tak disorot sinar matahari langsung. Hal ini penting dilakukan karena sinar matahari dapat menyebabkan warna karpet memudar. Jangan lupa juga saat tak digunakan, ada baiknya karpet ditutup dengan kain.

Kelima, cekatan ketika karpet kotor. Yap, jika ada makanan atau minuman yang tumpah di karpet, segera bersihkan noda tersebut dengan mengelap dengan kain lembut. Hal ini perlu dilakukan agar noda tak mengering dan menempel di karpet.

Keenam, jangan merokok di atas karpet. Hati-hati, abu rokok dapat merusak karpet Anda. 

Selain jurus-jurus diatas, tentu ada banyak hal lain yang dapat Anda lakukan. Selamat merawat karpet.

Baca juga :


Artikel Menarik Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar