Senin, 30 Juli 2012

Ketika Alarm Mobil Bermasalah


Pernahkah Anda mengalami alarm mobil yang tiba-tiba ngadat tidak mau berfungsi? Ketika dibuka manual, mobil justru meraung-raung dengan kencang. Kadang alarm mobil malah tidak berfungsi sama sekali, padahal lampunya masih berkedip.

Hal ini memang kerap terjadi, terutama pada alarm non-pabrikan. Lantas, apa yang bisa dilakukan? Jika alarm mobil terus meraung, cobalah segera Anda matikan sekering. Caranya, dengan mengurutkan kabel tambahan yang berada disekitar aki, kemudian buka rumah sekering dan matikan. Cara lain bisa dengan cara melepas receiver. Letak receiver pada setiap kendaraan berbeda-beda, bisa dibawah dashboard, bawah jok atau dibawah konsol box.

Setelah alarm bisa dijinakkan, periksalah seluruh komponen alarm secara berkala untuk mengetahui ada tidak korosi yang dapat mempengaruhi kinerja alarm. Di samping itu, mengingat kejadian tersebut bisa terjadi akibat kesalahan saat pemasangan, yaitu ikatan diantara kabel-kabel alarm kurang kuat, tak ada salahnya Anda mengecek bagian tersebut setiap tiga bulan sekali. Pastikanlah bahwa setiap ikatan kencang dan tidak ada korosi.

Perlu diketahui, adanya air yang merembas juga bisa menjadi biang keladi permasalahan pada alarm mobil, yang menyebabkan alarm tidak mau berbunyi atau menimbulkan karat. Kalaupun berbunyi, tidak bisa berfungsi dengan maksimal, suara alarm terdengar seperti fals atau volumenya kecil.

Remote Control alarm pun juga tidak boleh diabaikan. Gantilah baterai remote control setidaknya setiap enam bulan sekali dan perhatikan jikalampu mulai meredup, hal tersebut menandakan bahwa daya baterai mulai melemah. Bersihkan pula remote control dari kotoran mengingat kotoran yang menebal dan menempel pada sela-sela tombol dapat mempengaruhi kinerja tombol.

Saran lain yang tak kalah populer untuk meminimalkan kerusakan pada alarm adalah Anda tidak memarkir kendaraan di daerah yang memiliki tegangan tinggi atau dengan frekuensi kuat. Hal tersebut dikhawatirkan dapat mempengaruhi frekuensi alarm.


Baca Juga :


Artikel Menarik Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar