Senin, 16 Juli 2012

Aman Membonceng Si Kecil

Memiliki sepeda motor tentu merupakan investasi yang menguntungkan. Selain irit bahan bakar, si kuda besi ini mampu menjembatani kebutuhan Anda terhadap moda kendaraan yang hemat biaya sekaligus fleksibel. Di balik keuntungan yang ada, ada baiknya memahami dan mempraktikan cara berkendara yang aman. Bila ada yang membonceng cukup satu orang dewasa, bagaimana bila kondisi "memaksa" Anda untuk membonceng si kecil? berikut ini beberapa tips singkat untuk membantu memberikan "pencerahan".

Sebelum membonceng si penumpamg cilik, ada baiknya lengkapi dirinya dengan aksesori yang menunjang keamanan. Pertama adalah helm. Ajaklah si kecil untuk bersama-sama membeli helm di toko perlengkapan motor yang memadai.

Biarkan si kecil untuk memilih warna helm favoritnya dan mencobanya. Helm anak-anak kini telah dilengkapi dengan kualifikasi SNI. Pastikan buah hati memilih helm yang nyaman dengan besar kepalanya.
Sebaiknya, Anda perlu membimbing agar dia memilih jenis helm full face yang paling aman. Pastikan tali pada helm dapat disesuaikan dengan ukuran kepala.

Setelah memilih helm, belikan juga masker dan sarung tangan anak-anak. Hal ini penting untuk menjaga keamanan dan kesehatan si kecil. Terdapat pilihan untuk jaket anak-anak yang dapat digunakan saat mengajaknya berkendara dengan sepeda motor.

Idealnya, untuk tempat duduk, si kecil harus dibonceng di belakang dengan kedua kaki berpijak pada footpeg dengan sempurna. Pastikan tangannya berpegangan pada pinggang atau perut pengendara. Kini dipasaran tersedia Child's Riding Belt. Ini adalah aksesori yang membantu si kecil aman berada dibelakang Anda, saat mengantuk sekalipun.

Bila kebetulan kaki anak belum dapat mencapai foot peg dengan sempurna, dia dapat ditempatkan duduk ditempat Anda. Akan tetapi, perlu diperhatikan agar kakinya menjejak tepat dan pastikan tipe motor Anda adalah jenis sepeda motor bebek. Saat ditempatkan didepan, pastikan tangan anak berpegangan di setang bagian dalam, sehingga tidak mengganggu putaran gas atau sistem kendali. Selamat berkendara.


Baca juga :
Cara Jitu memilih Jok Kursi Anak
Perawatan Saringan Udara
Tips Merawat Rantai Sepeda Motor
Tips Usir Karat Di Leher Knalpot
Berkendara Saat Hujan, Waspadai Hal Berikut Ini



Artikel Menarik Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar