Rabu, 05 September 2012

Rumah yang Bersih, Nyaman dan Sehat



Kebersihan adalah pangkal kesehatan, demikian bunyi sebuah ungkapan yang biasanya tertulis di tempat-tempat strategis. Meski zaman berganti, ungkapan tersebut tidak pernah menjadi usang karena isinya selalu sesuai kapan dan di mana saja.

Betapa tidak? lingkungan yang kotor merupakan tempat yang menyenangkan bagi bibit-bibit penyakit. Bagi mereka yang bijaksana, masalah sanitasi atau kebersihan lingkungan adalah salah satu hal yang menjadi pertimbangan penting dalam memilih rumah.

Anda dapat melihat kebersihan suatu rumah mulai dari kebersihan lingkungan sekitarnya, misalnya soal saluran pembuangan limbah rumah tangga dan disiplin warga dalam menjaga kebersihan. Selanjutnya, lihat kebersihan pekarangan dan halaman dalam rumah. Jangan biarkan sampah menumpuk dan sediakan tempat pembuangan sampah yang aman dan tertutup, misalnya dengan menggali lubang di salah satu sudut halaman. Setelah memperhatikan bagian luar rumah, bagian dalam rumah juga penting dibersihkan, terutama ruang-ruang yang mudah kotor seperti dapur atau kamar mandi.

Jika Anda ingin menilai kebersihan suatu rumah, lihatlah kamar mandinya. Wajar saja, soalnya kamar mandi merupakan tempat orang membersihkan tubuh sekaligus melepas hajat. jika tidak terawat, mudah ditebak penghuni rumah tersebut akan gampang terserang penyakit, terutama gangguan kulit. Selain itu, kamar mandi yang tidak terawat akan menebarkan aroma yang kurang sedap sehingga mengganggu suasana dan merusak selera makan. Tambahan lagi, kamar mandi yang lantainya jarang dibersihkan akan menjadi licin dan berbahaya.

Jangan biarkan kamar mandi Anda gelap, lembab dan tidak terawat. Penempatan jendela pada tempat yang strategis menjadi penting agar sinar matahari dapat masuk. Selain itu, perhatikan juga masalah sirkulasi udara, agar kamar mandi menjadi nyaman dan tidak pengap.

Akhirnya, Anda sendiri yang akan memetik manfaatnya. Kamar mandi yang bersih akan membuat Anda nyaman berada didalamnya. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa malas untuk mandi dan suasana rumah secara keseluruhan juga lebih baik. Anda dapat menambah kenyamanan suasana dan membangun karakter pribadi kamar mandi Anda dengan menata jendela atau mempergunakan shower dan bathtub. Bersih, nyaman dan tentu saja sehat.

Baca juga :

Artikel Menarik Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar