Senin, 16 Juli 2012

Rawat Pakaian Agar Lebih Awet


Barangkali tidak banyak yang memikirkan dan secara khusus melakukan perawatan pakaian. Hal yang umum diketahui, Anda membeli, menggunakan, mencuci jika kotor dan menyimpan pakaian didalam lemari ketika sedang tidak digunakan. Selain itu apabila kondisinya sudah buruk atau tidak menyukainya, Anda tinggal menggantinya dengan yang baru.

Meskipun tidak ada yang melarang berbuat demikian, tidak ada salahnya jika Anda memperhatikan perawatan. Namun, jika seorang eksekutif atau karyawan yang sehari-harinya begitu sibuk, Anda mungkin menganggap hal tersebut hanya menambha pekerjaan yang tidak perlu. Benarkah demikian ?

Tidak juga. Pasalnya, merawat pakaian bukanlah pekerjaan yang membutuhkan waktu dan tempat yang khusus. Hal yang diperlukan hanya sedikit perhatian dan ketelitian Anda. Dengan sedikit waktu yang dikorbankan, Anda akan memperoleh banyak manfaat. Misalnya saja, pakaian Anda akan lebih awet dan tahan lama sehingga hal itu berarti pula penghematan. Selain itu, membiasakan diri merawat dan mengatur pakaian akan memudahkan untuk menemukan pakaian yang Anda butuhkan dalam waktu singkat.

Berikut ini adalah hal-hal kecil yang mungkin seringkali Anda lupakan, tetapi tidak bermanfaat.

Jika hendak menggantung pakaian, gunakanlah gantungan pakaian (hanger) yang terbuat dari kayu atau plastik yang berkontur. Gantungan kawat tidak dianjurkan karena mudah meliuk dan membuat pakaian menjadi koyak. Sama halnya dengan gantungan yang memiliki bantalan akan membuat pakaian yang terbuat dari kain halus, misalnya sutra akan tetap rapi dan cantik.

Untuk kemeja, rok, blus dan jaket yang memiliki kancing, biarkan dalam kondisi terkancing. Hal itu membantu pakaian Anda agar tidak kusut.

Usahakan agar tidak menyimpan pakaian didalam kantung plastik dalam jangka waktu yang lama karena bahan kimia dalam plastik bisa larut dalam kain. Untuk mencegah dari serangan ngengat, Anda dapat membungkus pakaian dengan kertas tisu.

Sementara itu, pakaian dalam dan ringan sebaiknya disimpan didalam kotak, keranjang kecil atau laci yang berbeda. Hal itu membuat tidak bercampur dengan pakaian lain dan akan memudahkan Anda mencarinya jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 


                       

Artikel Menarik Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar