Rabu, 18 Juli 2012

Cucian Bersih Berkat Mesin Cuci Terawat


Mencuci dengan mesin ternyata tidak sekedar memasukkan pakaian yang kotor, menambahkan sabun, dan memutar tombol. Perlakuan yang tepat terhadap mesin cuci juga perlu diketahui untuk menjaga mesin dari kerusakan. Sayangnya, kita sering kali melewatkan bagian itu sehingga akhirnya tanpa disadari mesin menjadi rusak.

Merawat mesin cuci bisa dilakukan dengan banyak cara. Tidak hanya merawat dari luar seperti menjaga kebersihan, penempatan yang benar, dan sebagainya, tetapi juga dari dalam yaitu menyangkut penggunaan sabun cuci, air dan bahan lain yang dapat mempengaruhi mesin cuci secara mekanis. Mungkin Anda pernah mendengar atau bahkan mengalami mesin cuci tiba-tiba macet. Setelah ditelusuri ternyata saluran pembuangan air tersumbat kotoran yang berasal dari pakaian.

Mesin cuci modern, selain memiliki fasilitas cuci dan pengering biasa, juga mempunyai kemampuan mencuci dengan arus dan kekuatan yang berbeda-beda. Ada yang harus diperlakukan dengan halus dan ada juga yang harus dicuci dengan "tenaga lebih". Kapasitas cuci yang besar dibutuhkan ketika akan mencuci dalam jumlah banyak sekaligus. Jangan memaksakan mencuci pakaian melebihi kapasitas yang dianjurkan.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah penempatan mesin cuci. Biasanya mesin cuci diletakkan dekat kamar mandi atau dalam ruang khusus untuk mencuci, mengingat harus ada saluran pembuangan untuk membuang bekas air cucian. Rapikan kabel mesin cuci dan pastikan area disekitarnya kering, untuk menjaga kemungkinan terjadinya hubungan singkat jika kebetulan ada bagian kabel yang terkelupas.

Bagi sebagian jenis bahan pakaian, penggunaan mesin cuci "standar" mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun, Anda harus berhati-hati karena bahan dan kekotoran pakaian yang berbeda sering kali memerlukan perawatan yang berbeda pula.

Misalnya saja, pakaian Anda terkena noda lumpur. Sebaiknya pakaian tersebut direndam tersendiri lebih dahulu hingga butiran tanah terkelupas. Dengan demikian, noda tersebut tidak akan pindah dan mengotori pakaian lainnya dan yang pasti tidak merusak mesin cuci. Atau, jika pakaian Anda terkena noda yang berlemak, noda tersebut akan lebih mudah hilang bila dicuci dengan air hangat dan sabun.


Baca Juga :
Hilangkan Noda Di Permukaan Setrika
Rawat Agar Pakaian Lebih Awet
Kiat Tuntaskan Pekerjaan Rumah
Menjaga Lantai Kayu Tetap "Elok"
Memperbaiki Engsel Pintu



Artikel Menarik Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar