Kamis, 19 Juli 2012

Diabetes Mellitus; Penyebab, Gejala dan Pengobatannya


Deskripsi
Diabetes Mellitus (kencing manis) terjadi karena kadar gula dalam darah meningkat akibat gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampun memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Kadar gula yang normal dalam darah berkisar antara 70 - 150 mg/dL (milimol/liter).

Pada kerusakan gigi yang parah, bakteri dapat masuk ke aliran darah dan mengganggu sistem kekebalan tubuh. Sel sistem kekebalan tubuh yang rudak melepaskan sejenis protein yang disebut cytokine. Cytokines inilah penyebab kerusakan sel pankreas penghasil insulin, hormon yang memicu diabetes.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan bentuk diabetes mellitus berdasarkan perawatan dan simtoma, antara lain :
1. Diabetes tipe-1, yang meliputi simtoma ketoasidosis hingga rusaknya sel bata di dalam pankreas yang disebabkan automunitas dan bersifat idiopatik. Diabetes mellitus dengan patogenesis jelas, seperti fibrosis sistik atau defisiensi mitokondria, tidak termasuk pada penggolongan ini.
2. Diabetes tipe-2, yang diakibatkan oleh defisiensi sekresi insulin, seringkali disertai dengan sindrom resistansi insulin.
3. Diabetes gestasional, yang meliputi gestasional impaired glucose tolerance (GIGT) dan gestational diabetes mellitus (GDM). 

Penyebab
Salah satu penyebab diabetes mellitus adalah sakit gigi. Penderita kerusakan gigi kronis bisa menjadi pengidap penyakit diabetes tipe-2.

Gejala
Gejala penderita kencing manis umumnya menampakkan tanda dan gejala dibawah ini, meskipun tidak semua dialami oleh penderita :
1.   Jumlah urina yang dikeluarkan lebih banyak (Polyuria).
2.   Sering atau cepat merasa haus/dahaga (Polydipsia).
3.   Lapar yang berlebihan atau makan banyak (Polyphagia).
4.   Frekuensi urine meningkat/kencing terus (Glycosuria).
5.   Kehilangan berat badan yang tidak jelas sebabnya.
6.   Kesemutan/mati rasa pada ujung syaraf di telapak tangan dan kaki.
7.   Cepat lelah dan lemah setiap waktu.
8.   Mengalami rabun penglihatan secara tiba-tiba.
9.   Apabila luka/tergores (korengan) lambat penyembuhannya.
10. Mudah terkena infeksi terutama pada kulit.

Pengobatan
Prinsip pengobatan diabetes adalah dengan mengembalikan atau mempertahankan kadar gula dalam keadaan normal. Pengobatan diabetes meliputi pengendalian berat badan, olahraga dan diet.


Baca Juga :


Artikel Menarik Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar