Sabtu, 28 Juli 2012

Camilan Untuk Penderita Diabetes


Orang yang menderita diabetes sering kali dianggap tidak bisa menikmati hidup. Pasalnya, dia tidak bisa makan makanan yang mengandung banyak gula didalamnya karena harus tetap menjaga gula darahnay tetap berada di level normal. Hal ini membuat penderita diabetes menghindari camilan. 

Hal ini sebenarnya pemikiran yang keliru. Penderita diabetes atau dalam dunia kedokteran disebut diabetesi, sebenarnya tetap bisa mengkonsumsi camilan di sela jadwal makan utama. Mengemil sebaiknya dilakukan pada saat perut mulai lapar. Kegiatan ini berguna agar kadar gula darah penderita tidak turun.

Namun, bagi para diabetesi, tidak semua camilan bisa dikonsumsi. Mereka harus mengkonsumsi camilan yang sama dengan makanan sungguhan, seperti mengandung lemak, serat, karbohidrat dan protein.

Biskuit Gandum
Gandum dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Selain itu, camilan dari gandum dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Akan tetapi, kendala yang sering dialami adalah keengganan orang untuk mengkonsumsinya karena tidak ada rasa (hambar) atau tidak terbiasa. Untuk menambah rasa, tambahkan seperempat cup selai anggur untuk memberikan rasa manis sedikit.

Buah Segar
Buah mengandung nutrisi dan serat yang sangat penting untuk tubuh, tetapi bagi penderita diabetes tetap harus diperhatikan karena buah mengandung gula alami. Buah yang baik bagi penderita diabetes antara lain seperti berries, melon, pisang dan apel. Namun, kadarnya tetap harus dibatasi. Anda juga bisa menambahkan seperempat irisan keju karena proteinnya bisa berfungsi untuk menstabilkan gula darah dan memberi kalsium.

Serat dan Mineral Alami
Serat dangat baik untuk menurunkan kolesterol. Serat banyak ditemukan dalam sayuran, seperti tomat, black bean, paprika hijau dan alpukat. Anda boleh juga menambahkan irisan brokoli, wortel, seledri dan sayuran lainnya untuk mendapatkan ekstra mineral.

Yoghurt
Mirip dengan keju, yoghurt sangat baik untuk menstabilkan gula darah dan memberikan ekstra kalsium.


Baca Juga :


Artikel Menarik Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar