Selasa, 15 April 2014

Mengubah Suasana Ruangan dengan Mudah


Bosan dengan suasana ruangan didalam rumah Anda, tetapi tidak punya banyak waktu untuk melakukan perubahan pada dinding, lantai dan soft furnishing, ternyata langkah kecil ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan perubahan suasana tersebut.


Dinding

Menciptakan suasana nyaman berestetika tidak harus menggunakan perabot atau material secara berlebihan. Hanya dengan berkreasi dalam mengekspos salah satu dinding, ruangan pun akan terlihat indah, misalnya dengan menggunakan wallpaper.

Yang terpenting, menentukan dinding yang akan diubah agar gambar wallpaper tersebut dapat disesuaikan, misalkan yang ingin diubah adalah dinding di ruang tamu atau keluarga. Jika ingin mendapatkan kesan ruangan terlihat lebar, Anda dapat menggunakan wallpaper dengan aksen garis horizontal. Begitu juga sebaliknya jika ingin mendapatkan hasil agar ruangan terlihat lebih tinggi, gunakanlah wallpaper dengan aksen garis vertikal.

Keuntungan menggunakan wallpaper adalah tidak menimbulkan debu, bau dan menghabiskan waktu lama dibandingkan dengan mengganti dengan cat dinding. Itu artinya, biaya dan waktu yang dikeluarkan akan lebih sedikit. Selain wallpaper, tampilan dinding dapat diubah dengan memasang lukisan atau wall art, cermin, foto-foto, hiasan-hiasan unik yang menyerupai jendela dan jam dinding. Bahkan, jika mau lebih kreatif, Anda dapat menggunakan scrap book yang dibingkai.

Lantai

Memperbarui tampilan lantai dapat dibantu dengan penggunaan karpet. Aturlah "ubin" karpet hingga menutupi sebagian area di dalam ruangan. Pilihlah warna yang menarik agar perubahan di ruangan tersebut dapat segera terasa. Anda juga bisa menggunakan rug area untuk memberikan efek serupa. Berikanlah efek yang lebih unik lagi dengan memilih karpet yang bercorak kayu atau besi. Corak dan tekstur yang berbeda dari karpet pada umumnya membuat ruang lebih istimewa. Karpet dari potongan kayu, misalnya, dapat memberikan efek yang sama jika Anda mengganti lantai dengan kayu.

Anda yang tinggal di rumah sewa mungkin enggan mengganti lantai, meski lantai tersebut sudah tampak terlalu pucat. Hal ini bisa diakali dengan menggunakan karpet berukuran besar untuk memberikan warna pada lantai sekaligus memperkaya tekstur didalam ruangan. Motif karpet dengan bentuk-bentuk grafis besar akan membuat ruangan yang luas terasa lebih dekat, sementara motif kecil dengan warna yang lembut memberikan efek ruangan ruangan kecil tampak lebih luas. Sesuaikan dengan penataan rumah Anda.

Soft Furnishing

Soft furnishing adalah sentuhan elemen dekorasi yang ukurannya relatif tidak menyita ruangan atau tidak terlalu besar, tetapi mampu mengubah suasana, misalnya dekorasi bantal kursi, vas bunga, lampu interior dan pernak-pernik yang kecil. Pilihan soft furnishing dipengaruhi oleh gaya interior, kepribadian dan kebutuhan masing-masing pengguna. Interior bergaya modern, tepat menggunakan soft furnishing dengan desain yang sederhana, warna-warna terang dan natural, serta motif geometrik dan cemderung polos.

Interior gaya klasik biasanya menggunakan soft furnishing bermotif besar dan banyak detail seperti motif bunga-bunga dengan hiasan tassel pada ujungnya. Warnanya biasanya kuning keemasan atau merah marun. Sementara itu, rumah bergaya tradisional atau country, tepat jika memilih soft furnishing dengan warna-warna natural serta berbahan alami. Bambu, kain tenun, dan beberapa material yang memberi kesan etnik akan terlihat selaras dengan gaya interior secara keseluruhan.



Baca Juga :


Artikel Menarik Lainnya :