Kamis, 26 Juli 2012

Rotan Pun Butuh Sentuhan


Menarik, artistik, klasik dan natural. Itulah beberapa alasan mengapa orang memilih rotan sebagai salah satu bahan dasar perabotan rumah tangga, seperti bangku, meja, lemari buku dan tempat penyimpanan lainnya. Bentuknya yang unik, ringan dan mudah dipadu-padankan memberikan nilai tambah berikutnya. 

Dibalik segala kelebihannya, bahan-bahan furnitur yang terbuat dari rotan rentan terhadap serangan rayap, perubahan cuaca serta kelembapan. Oleh karena itu, untuk menjaganya agar tetap menarik dan apik perlu langkah-langkah pemeliharaan sederhana.

Hal pertama dan utama adalah menempatkan benda-benda tersebut di dalam ruangan. Sebisa mungkin hindari sinar matahari secara langsung karena sinar tersebut dapat membuat rotan terlihat kusam dan kurang menarik. Selain membuat kusam, sinar matahari dan suhu panas juga membuat serat rotan kering, mudah terkelupas dan rusak.

Selain menghindari rotan dari sinar matahari, menghindari rotan dari guyuran hujan dan cipratan air juga akan menambah keawetannya. Air yang mengenai rotan akan membuat rotan lapuk dan rapuh. Segera bersihkan dan keringkan dengan lap kering jika terlanjur terkena air.
Lakukan perawatan berkala dengan membersihkan barang-barang tersebut, setidaknya seminggu sekali. Hindari penggunaan cairan yang dapat menambah kusam dan mempersingkat umur rotan. Cukup gunakan lap bersih dan kering untuk mengusir kotoran dan debu yang melekat.

Untuk menghindari serangan rayap, semprotkan cairan campuran kapur barus dan minyak tanah, sedikit demi sedikit. Bila ditemukan lubang-lubang kecil, suntikan cairan tadi kelubang tersebut.

Walaupun rotan memiliki daya tahan yang cukup lama, seiring waktu bahan tersebut juga mengalami penurunan kualitas. Untuk mengembalikan kondisi rotan seperti semula tak ada salahnya melakukan pelapisan atau finishing ulang pada perangkat tersebut. Lapisi dengan cairan khusus rotan agar kembali mengkilat dan mulus. Jika Anda ragu atau tidak sempat untuk melakukannya, bawalah ke tempat-tempat perawatan furnitur khusus rotan. 


Baca Juga :
Meningkatkan Estetika Dengan Batu Alam
Trik "Menambal" Kekurangan Ruang Keluarga
Menjaga Lantai Kayu Tetap Elok
Rumah yang Bersih, Nyaman dan Sehat
Cuaca, Air dan Rayap "Musuh" Kayu



Artikel Menarik Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar