Kamis, 25 Agustus 2016

Hal-Hal yang Paling Sering Jadi Penyesalan di Masa Tua


Penyesalan selalu datang belakangan. Tampaknya banyak yang mengalami hal itu dalam hidupnya. Karena beberapa sebab, kadang orang tidak sengaja telah melakukan kesalahan. Sebab yang lain mereka dengan sadar melakukan kesalahan.


Beberapa kesalahan itu diantaranya: 


1. Tidak menjadi dirinya sendiri.


Banyak orang menyesali mengapa mereka tak sepenuhnya berani untuk menjadi diri mereka sendiri sejak muda, hanya karena bertentangan norma-norma dan kewajiban yang ada di publik.

2. Bekerja terlalu keras dan lupa berbahagia.


Setiap menit yang dilalui dalam kebahagiaan baik untuk kesehatanmu. Jangan lupa bahagia di sela kamu berkerja keras. Bekerja keraslah saat muda, tapi tetaplah lakukan sesuatu yang dapat menjadi kenangan indah saat masa tuamu.

3. Tidak menjaga kesehatan


Saat muda, kesehatan seringkali terabaikan, terutama dalam hal berolahraga dan menjaga pola makan. Hal ini membuat seseorang menjadi sakit-sakitan dan digerogoti penyakit di usia tuanya. Aktivitas fisik diperlukan untuk tetap menjaga kesehatan. Namun banyak orang yang enggan pergi ke gym atau berolahraga dengan berbagai alasan. Biasanya alasan itu selain sibuk bekerja, mereka masih merasa sehat.

4. Bekerja tanpa passion.


Bila pekerjaan yang saat ini kamu lakukan membuat kamu nggak nyaman dan kerap terhambat menyelesaikan pekerjaan, mungkin ada yang salah dengan yang kamu jalani.
Mulai detik ini tanya ke dalam hati kecilmu, apa yang kamu inginkan untuk hidup? Bukankah akan sangat menyenangkan dan terasa tanpa beban, jika mulai sejak bangun pagi kamu sudah semangat untuk menyelesaikan pekerjaan yang di depan mata?
Banyak orang yang mengatakan, lakukanlah pekerjaan yang kamu cintai, maka kamu akan melakukannya dengan senang hati. Hal itu memang benar, jika kita bekerja sesuai dengan passion kita, maka pekerjaan seberat apapun tak akan menjadi beban. Berbeda halnya dengan bekerja tanpa passion, kita akan selalu terbebani olehnya.
Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk resign lebih awal lalu kemudian merintis karir di bidang yang kita cintai, maka kesuksesan pun akan datang lebih cepat.

5. Tak mengungkapkan perasaan.


Bukan hanya pada gebetan yang kamu idamkan diam-diam saja. Tetapi pada segala yang menurut kamu mempengaruhi masa depan kamu. Buka suaramu untuk membuat perubahan, setidaknya dimulai untuk masa tuamu dulu.
Kesempatan kadang tidak datang dua kali, termasuk ketika jatuh cinta pada seseorang. Memang perlu keberanian untuk melakukan ini. Biasanya mereka takut kecewa kalau ditolak.
Nah biar tidak menyesal dihari tua nanti, kalau naksir seseorang langsung saja mengatakan ke orangnya. Tidak berani langsung, bisa lewat whatsapp, atau social media.

6. Tak punya waktu untuk keluarga.


Orang tua kamu mungkin akan pergi lebih dulu dari dunia ini. Jangan sampai kamu menyesal untuk melakukan hal yang nggak sempat kamu buktikan pada mereka. Selalu luangkan waktu untuk keluargamu, semampu yang kamu dapat berikan untuk mereka. Apa pun bentuknya.

7. Melupakan teman.


Dalam hidup ini, akan ada banyak orang yang datang dan pergi. Namun teman-teman yang tulus tidak akan pernah pergi dari hidup Anda. Merekalah orang-orang yang selalu ada di saat Anda senang dan susah. Sayangnya, banyak orang yang justru meninggalkan teman-teman yang tulus setelah datang teman-teman baru yang lebih selevel dan keren. Sedangkan teman lama dianggap tidak keren dan sudah tidak pantas untuk Anda.
Tetaplah menjaga hubungan baik dengan temanmu. Terutama jika kamu tinggal dan bekerja berjauhan dari mereka. Saat ini sudah banyak media yang dapat kamu gunakan untuk menyapa mereka, bertemanlah di Facebook atau Instagram, dan sapalah mereka. Beruntung jika kamu dapat kembali bertatapan dengan mereka.

8. Lupa liburan.


Ada yang mengatakan bahwa pengalaman lebih berharga daripada uang. Namun beberapa orang lebih menyukai menghabiskan masa mudanya dengan bekerja keras di kantor dan menabung. Penting memang semua itu, namun alangkah baiknya jika mengagendakan waktu untuk melakukan traveling, melihat dunia luar yang menginspirasi.
Liburan sudah terbukti dapat membuat seseorang jadi lebih segar dan memunculkan ide-ide kreatif. Luangkan waktu untuk liburan meski hanya sebentar untuk melupakan rutinitas.

9. Menunda


Menunda memang melenakan termasuk menunda pekerjaan. Namun kebiasaan buruk ini sebaiknya tidak lagi dilakukan. Karena menunda hanya akan menambah permasalahan baru. Daripada menunda-nunda lebih baik melakukan hal-hal yang kreatif yang memicu semangat untuk segera menyelesaikan pekerjaan atau tugas yang sedang dihadapi.

10. Tidak rajin menabung


Jika sejak muda sudah ditanamkan kebiasaan rajin menabung atau investasi, maka di masa tua tak akan mengalami kesulitan keuangan. Namun sebaliknya, jika sejak muda sudah terbiasa hidup boros dan tidak suka menabung, maka akan sangat sulit menjalani kehidupan di masa tua, terutama bagi yang tidak memiliki dana pensiun.

11. Tidak banyak beribadah dan beramal


Beribadah adalah hal yang sangat penting dalam hidup seseorang. Karena Apapun agama orang tersebut, tak seharusnya seseorang melupakan Tuhannya. Ibadah dan amal adalah bekal seseorang untuk kehidupannya yang kekal setelah ia meninggal. Tak ada satu harta pun yang akan dibawa mati, kecuali amal ibadah selama ia hidup di dunia.

12. Lupa membahagiakan Orang Tua


Membuat bangga atau memberi kebahagiaan untuk orang tua tidak melulu dengan harta lho. Kamu juga bisa beri dengan prestasi kamu, kebaikan hati kamu dan perhatian untuk mereka. Karena sungguh kita tidak bisa membalas kebaikan mereka dengan apapun.
Jadi ketika orang tua kita masih hidup, jangan lewatkan kesempatan ini dengan sia-sia. Usahakan kita membahagiakan mereka semampu kita.



Baca Juga :
Berhentilah Melakukan Hal Ini Sebelum Anda Menyesal




Artikel Menarik Lainnya :

1 komentar: